Cara Cetak file PDF dari sisi kanan seperti alqur’an pada printer Epson L310


Cetak mencetak dokumen adalah hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang, dari mahasiswa, guru, pegawai kantoran atau sebuah percetakan. Pernahkan terlintas pada pikiran anda bagaimana mencetak sebuah buku yang kalau dibaca dimulai dari sisi kanan seperti Al-quran dan kitab arab selainnya. Banyak diantara kita yang masih menggunakan cara manual dengan cara dokumen disusun satu persatu kemudian dicetak bergantian. Namun cara tersebut membutuhkan waktu yang lama dan bisa membingungkan. Disini saya akan berbagi cara bagaimana sebuah file bisa dicetak dari kanan dalam bentuk buku.
Ikuti langkah-langkahnya


1.   Buka file anda dan tekan Ctrl+p untuk membuka halaman print

2.  Setelah terbuka seperti di atas, pilih Booklet dan pilih Right pada bagian Binding. Pada Booklet Binding pilih Front side only untuk mencetak halaman bagian depan, setelah itu pilih Print
3. Proses cetak akan dimulai dan tunggu sampai halaman depan tercetak semuanya, setelah selesai balik kertas dan buka menu print lagi, lalu pada  Booklet Binding pilih Back side only, trus klik Print tunggu hingga selesai.


Terima kasih sudah mengunjungi blog ini, jika artikel ini bermanfaat silahkan tinggalkan komentar atau share ke media sosial.


No comments:

Post a Comment